Rabu, 14 Desember 2011

9 TESIS UNTUK GERAKAN MAHASISWA MINAHASA

Oleh : Fredy Sreudeman Wowor


I

Kelemahan gerakan mahasiswa hari ini adalah terpusatnya control dan isu di dan dari Jakarta (baca : pusat kekuasaan), akibatnya cendrung terjadi manipulasi yang berujung pada dinomorduakannya kepentingan daerah. Hal ini berdampak langsung pada menurunnya posisi tawar mahasiswa dan kepentingan daerah (Sulut-Minahasa). Ini berarti penurunan daya hidup di daerah secara sistematis.
II

Pemusatan gerakan mahasiswa di Jakarta (Pusat Kekuasaan) menjadikan gerakan mahasiswa cendrung terkooptasi kepentingan politik partai yang berebut kekuasaan dan cendrung menjadikan daerah sebagai wilayah komoditi suara dan konflik.
III

Kenyataan situasional ini mengisyaratkan kebutuhan akan adanya gerakan mahasiswa alternatif  yang dapat menembus kebuntuan yang telah menekan daya hidup kita sebagai Tou Minahasa. Mahasiswa Minahasa adalah salah satu bagian dari Tou Minahasa. Mereka adalah kaum intelektual yang berdiri di garda terdepan dalam usaha peningkatan daya hidup Tou Minahasa.

IV
Usaha meningkatkan daya hidup ini, tidak bisa tidak  harus bertumpuh pada keyakinan bahwa tidak ada yang lebih mengerti kebutuhan hidupTou Minahasa selain dari Tou Minahasa itu sendiri.

 V
Dorongan untuk menyerahkan masa  depan Tou Minahasa kepada orang lain sama artinya dengan menyerahkan hidung kita untuk dipasang tali seperti sapi : merelakan diri kita untuk menjadi budak.  

VI

Merelakan diri kita sendiri untuk menjadi budak berarti menolak hakekat hidup kita sebagai manusia khususnya sebagai Tou Minahasa :
PUTE WAYA CITA
TOU PELENG MASUAT
CAWANA SE PARUKUAN
CAWANA SE PAKURUAN
ARTINYA :
(SAMA SAMUA TORANG)
(MANUSIA SETARA SEDERAJAT)
(NDA ADA YANG TORANG MOBASOJA AKANG)
(NDA ADA YANG TORANG MOTAKO AKANG)

VII
Gerakan Mahasiswa Minahasa lahir  sebagai gerakan alternatif  dengan dasar pemikiran bahwa Tou Minahasa Hidup dan Mau Terus Hidup. Tou Minahasa musti hidup sebagaimana harusnya Tou Minahasa --
Tou : Tumo’u To’u

VIII
Gerakan Mahasiswa Minahasa tumbuh  untuk memberi  kembali arti menjadi Tou Minahasa bahwa kita berhak menentukan cara mengolah tana dimana kita hidup dan kita juga berhak untuk menentukan masa depan dari kehidupan kita.

IX
Peran dari Gerakan Mahasiswa Minahasa adalah memberikan gagasan dan menjadi pelopor atau pembuka jalan dalam penentuan masa depan dari kehidupan ini. 

0 komentar:

Posting Komentar